Selasa, 29 Januari 2019

Allegri: Dybala Sedang Kesulitan dengan Peran Barunya

Allegri: Dybala Sedang Kesulitan dengan Peran Barunya

Allegri: Dybala Sedang Kesulitan dengan Peran Barunya

Sudah delapan pertandingan dilalui bintang Juventus, Paulo Dybala, tanpa menyarangkan gol sama sekali. Sang pelatih, Massimiliano Allegri, berujar bahwa pemain asal Argentina tersebut sedang mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan peran barunya.

Dybala dikenal sebagai bomber utama Juventus di sepanjang musim 2017-2018 kemarin. Bahkan catatan golnya melebihi penyerang tajam Bianconeri lainnya, Gonzalo Higuain. Dari 46 penampilan di semua kompetisi, ia membukukan total 26 gol.

Namun performanya menurun drastis pada musim ini, diyakini karena hadirnya Cristiano Ronaldo di lini depan Juventus. Dari 26 penampilannya, ia baru membukukan tujuh gol. Bahkan dalam ajang Serie A, Dybala baru mencetak dua.

Beradaptasi dengan Peran Baru

Perbedaan yang paling mendasar antara Dybala di musim kemarin dan sekarang adalah posisinya. Seperti yang diketahui, sang juara bertahan Serie A tersebut mengandalkan formasi 4-2-3-1, dengan Dybala diposisikan sebagai gelandang serang di belakang striker.

Namun dengan adanya Ronaldo, formasi Juventus berubah menjadi 4-3-3. Dalam beberapa kesempatan, pemain berumur 25 tahun itu ditempatkan pada posisi yang lebih melebar dan sering kali diberi peran penyambung antara lini tengah dan penyerang.

Allegri mengakui bahwa Dybala sedang mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan peran barunya di Juventus musim ini. Menurut eks nahkoda AC Milan tersebut, posisi Dybala sekarang tidak jauh berbeda ketimbang sebelumnya.

"Saya telah berbicara dengannya tiga hari yang lalu. Dia mendapat peluangnya pada hari Minggu (Senin WIB, saat bertemu Lazio di ajang Serie A). Dia harus beradaptasi pada posisi yang tidak jauh berbeda dengan peran lamanya," tutur Allegri dikutip dari Calciomercato.com.

Kepercayaan Diri Menurun

Peran baru tersebut bahkan sampai berdampak pada sisi psikologis Dybala. Lebih lanjut, Allegri berujar bahwa kepercayaan diri Dybala menurun drastis saat ia tahu harus bermain lebih dekat dengan para gelandang.

"Bila dia membaca dan mendengar bahwa dirinya bermain lebih dekat dengan gelandang, dia kehilangan kepercayaan diri. Dia masih punya peluang mencetak gol," tandasnya.

Walau jumlah golnya menurun, namun angka assist yang tercipta dari kakinya bisa dibilang meningkat. Dybala telah mengantongi lima assist hingga sekarang, dua di antaranya ia borong kala Juventus mengalahkan Chievo dengan skor 3-0 pekan lalu.